Beranda > Taukah Kamu > Kebutuhan Air untuk Tubuh Tak Harus dengan Minum 8 Gelas Sehari

Kebutuhan Air untuk Tubuh Tak Harus dengan Minum 8 Gelas Sehari

Banyak orang yang disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar. Minum air delapan gelas sehari tidak menjamin seseorang menjadi lebih sehat. Asupan gizi seimbang dan gaya hidup sehat lah yang lebih mempengaruhi kesehatan kita.

l

l

l

Di Australia, memang direkomendasikakan agar setiap hari seorang pria dewasa minum 3, 4 liter air putih sedangkan wanita 2,8 liter. Namun ini semua tidaklah seluruhnya harus air putih.

Menurut Spero Tsindos dari La Trobe University, kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat dari buah-buahan, sayuran, jus, dan bahkan dari minum teh dan kopi. “Bila anda haus, maka minum apa saja. Tidak harus air putih,” kata Tsindos seperti dikutip berbagai media Australia hari Rabu (6/6).

“Saya juga tidak mengatakan anda tidak harus minum air putih. Namun keperluan minum air putih 2 liter secara teratur tidak memiliki dasar sama sekali, alias mitos belaka.”

“Kita harus mengatakan kepada masyarakat awam bahwa teh dan kopi juga menjadi bagian dari kebutuhan cairan tubuh seseorang, dan meskipun ada kandungan kafein, teh dan kopi tidak membaut dehidrasi.” tambah Tsindos.

Ia juga mengatakan, minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak juga tidak ada gunanya, karena akan keluar lagi sebagai air kencing. Minum air putih sebagai bagian dari diet untuk mengurangi berat badan juga tidak ada gunanya bila tidak disertai dengan latihan fisik ataupun diet rendah kalori.

“Dan semakin banyak bukti menunjukkan air putih dan diet yang seimbang lebih berguna dibandingkan sekedar minum air putih saja,” tulis Tsindos dalam Jurnal Kesehatan Publik Australian dan Selandia Baru.

“Air putih penting bagi kesehatan, namun rekomendasi delapan gelas sehari tidaklah memiliki dasar ilmiah yang jelas.” kata Tsindos.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, pakem delapan gelas air sehari ini tampaknya berasal dari petunjuk yang diterbitkan di Amerika Serikat pertama kalinya di tahun 1945. Akademi Sains Australia sendiri merekomendasikan agar setiap orang minum 2,5 liter air sehari.

“Hal ini berarti metode ‘minum 8 gelas sehari’ ini tidak lagi perlu direkomendasikan karena yang benar adalah minum air ketika merasa haus,” jelas Madelyn Fernstrom, ahli diet terdaftar seperti dilansir dari MSNBC, Kamis (7/6/2012).

Sumber : Kompas.com

Jangan lupa bagikan keteman2 yg lain ya.. melaluiΒ  tombol twitter atau facebook dibawah..πŸ˜€
coz, berbagi itu indah..πŸ™‚

Jika berkenan Like juga GARASI di facebook : Like GARASI (Gudang Cerita dan Informasi)
Follow jg garasi on twitter @gaaraasi

πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Kategori:Taukah Kamu
  1. 27 Juni 2012 pukul 11:20 PM

    wah keren mas…
    ane jdi nambah ilmu penegetahuan tentang masalah air air ini..
    hehehehe

    • 27 Juni 2012 pukul 11:22 PM

      siip. ..πŸ™‚
      share ke temen yg lain jg ya..πŸ™‚
      biar kita sama2 mengetahui..πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: