Beranda > Taukah Kamu, Tips > Cara Sehat Memasak Mie Instan

Cara Sehat Memasak Mie Instan

cara sehat memasak mie instan – kita semua tau bahwa mie instan merupakan makanan nikmat nan murah meriah๐Ÿ™‚ hampir semua kalangan dari semua usia menyukainya, namun taukah kita bahaya dari mie instan..๐Ÿ™‚ yup, bahan pengawet yang terbuat dari lilin yang mengawetkan mie tersebut. disini saya akan membagi tips bagai mana cara sehat memasak mie instan agar mie instan yang kita makan lebih sehat..๐Ÿ™‚

l

ingat “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”๐Ÿ˜€ ok deh , tanpa panjang lebar langsung saja kita simak cara sehat memasak mie instan dibawah ini..๐Ÿ˜€

1. Rebus Air Sampai Mendidih๐Ÿ™‚

2. Masukin Mie Instannya๐Ÿ™‚

Mienya harus di masukin setelah air mendidih ya :)ย  kalo belum mendidih jangan dimasukin dulu๐Ÿ™‚

3. Aduk-aduk Mie ยฑ 1.1/2 menit yang pertama๐Ÿ™‚

Setelah mie di masukin ke panci, mie harus di aduk-aduk terus ยฑ 1,5 menit, ini supaya bahan-bahan kimia yang ada dalam mie instan rontok misalnya Lilin, Zat Pewarna, Zat pengawet dan ratusan lagi zat-zat kimia lain yang berbahaya bagi tubuh kita.๐Ÿ™‚

4. Buang air rebusan mie yang pertama

Coba deh teman-teman perhatiin air hasil ngerebus mie tersebut, kuning dan butek banget kan, menurut saya itu adalah bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam mie instan tersebut๐Ÿ™‚

5. Masukin lagi ke dalam air dingin dan di rebus lagi untuk yang kedua

Setelah itu teman-teman cemplungin lagi kedalam panci untuk di rebus yang kedua kalinya, pake air bersih ya….ย ๐Ÿ™‚ terus jangan lupa di aduk-aduk lagi ยฑ 1,5 menit yang kedua, biar bahan kimianya makin rontok๐Ÿ™‚

Aduk-aduk lagi untuk yang kedua๐Ÿ™‚

6. Angkat dan Mie Siap untuk di Hidangkan

kalo udah n kalo mienya adalah mie Goreng langsung bisa di angkat untuk di hidangkan teman, tapi kalo mie rebus/kuah airnya bisa di buang lagi dan agan bisa ganti pake air termos yang panas.
jangan lupa kasih sayuran atau lauk lainnya biar makin maknyus…๐Ÿ˜€

Angkat dan Mie Siap untuk di Hidangkan๐Ÿ™‚

Siap di makan deh..๐Ÿ˜€

Info tambahan :

TIPS DARI ANE :

ane coba bantu share gan coz ane dah pernah kerja di pabrik mie,wlopun disana ane bekerja sebagai orang teknik tapi ane ikut bantu pembangunan pabrik dai pemancangan sampe produksi.

Benar kata YA DIATAS rebusan air mie pertama mesti dibuang.
tepung yang dipakai untuk pembuatan mie adalah tepung manildra yang kemudian di ayak sebelum dipakai jadi yang terpakai adalah tepung yang benar2 bersih dan halus
Kemudian yang membuat mie itu berwarna kuning adalah alkali, sampe sekarang pun ane g pernah tau apa aj yang terkandung dalam alkali tersebut karena sudah datang dalam bentuk bubuk kemudian dicampur dengan air demin yang kemudian di aduk bersama tepung tadi

Setelah rata kemudian masuk ke mesin yang bernama doughsheet yang berfungsi untuk membuat lembaran, kemudian diteruskan ke mesin roll press untuk menipiskan lembaran tadi sampai pada ketipisan yang diinginkan
Kemudian diteruskan ke slitter untuk membuat mie menjadi meriting dan membagi lembaran tadi menjadi 6 bagian
Setelah itu mie di beri steam dengan suhu +/- 150 derajat celcius (gampangnya dikukus)
Kemudian masuk ke mesin cutting untuk dipotong dan dilipat, coba agan perhatikan mie sebelum direbus pasti bentuknya terlipat

Baru masuk ke frying untuk digoreng
Setelah itu ditiriskan dan dimasukkan ke cooling fan, ini berguna untuk mengeluarkan sisa minyak dan mendinginkannya sebelum di packing sehingga tidak berjamur
Setelah itu barulah mie masuk di channelizer yang kemudian diberi bumbu oleh petugas bumbu
Baru mie di packing apabila kemasan dipencet dan ternyata angin yang terdapat didalam kemasan berkurang maka mie tersebut dinyatakan tidak layak jual

apabila merunut kejadian di atas maka sebenarnya mie telah aman, dikarenakan ada petugas QC yang selalu melakukan pengecekan dari mulai tepung akan masuk ke mesin ayak sampai mie dikemas.

tapi yang jadi masalah orang yang bekerja pada pabrik mie belum tentu tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam alkali yang membuat mie berwarna kuning tersebut, hanya yang ane tau di alkali itu terdapat zat pengawetnya gan.
karena itu lebih aman air rebusan pertama dibuang sehingga yang tertinggal hanyalah tepung yang telah menjadi mie.
semoga bermanfaat gan, ane cuma bisa bantu segini coz skrg ane dah cabut dari sana

Yuk mulai kebiasaan sehat dari sekarang. ..๐Ÿ™‚

Sumber : noveloke.com

Jangan lupa bagikan keteman2 yg lain ya.. melaluiย  tombol twitter atau facebook dibawah..๐Ÿ˜€
coz, berbagi itu indah..๐Ÿ™‚

Jika berkenan Like juga GARASI di facebook : Like GARASI (Gudang Cerita dan Informasi)
Follow jg garasi on twitter @gaaraasi

๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Kategori:Taukah Kamu, Tips
  1. 27 Juni 2012 pukul 1:18 PM

    mas mas, kalo direbus sampai 2 kali gitu ga terlalu ngenmbang yah
    kan ga enak kalo terlalu ngembang

    • 27 Juni 2012 pukul 3:30 PM

      sebenernya kalau mi goreng sih gk masalah..๐Ÿ™‚
      tp kalau mie rebus emang sedikit mengembang..๐Ÿ™‚

      but ad cara lain kok..๐Ÿ™‚

      1. panaskan air di dispenser atau yg lainnya..
      2. rebus mie nya 1 x aja dikompor biar gk ngembang..๐Ÿ™‚
      3. trus gk usah di rebus lagi.. langsung aja tuang air yang udah dipanasin tadi๐Ÿ™‚

      • 27 Juni 2012 pukul 11:33 PM

        oh begitu
        arigato kimimasen
        hehehe

      • 28 Juni 2012 pukul 4:33 AM

        iya gan..๐Ÿ™‚

        kembali arigato kimimasen jg..๐Ÿ™‚

        hehehe..

  1. No trackbacks yet.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: