Beranda > Taukah Kamu, Tips > Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri

Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri

Cara membuat kaca mata 3 dimensi / 3d sendiri – ok guys, langsung saja tanpa banyak basa basi lagi saya akan membagi bagai mana cara membuat kaca mata 3 dimensi / 3d sendiri πŸ˜€

Saya tau kamu sudah ngebet banget pengen nonton film bernuansa 3d πŸ˜€ *Sok Tau..

l

l

l“Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri”

Sediakan alat dan bahan, alat dan bahan ini bisa teman-teman jumpai di toko-toko fotocopy terdekan .. πŸ™‚

  • Kertas Mika Warna Biru (1 Lembar )
  • Kertas Mika Warna Merah ( 1 Lembar )
  • Karton baru / bekas πŸ™‚ (minimal 30 x 5 cm) πŸ˜€

Ok.. πŸ™‚ Setelah bahan nya terkumpul kita mulai cara membuat kaca mata 3 dimensi nya ya.. πŸ™‚

1.Β Β Β Β Β Β  Gunting karton tadi berbentuk kacamata terserah teman-teman modelnya seperti apa πŸ™‚ . untuk mempernyaman pemakaian tambahkan rongga untuk hidung.
2.Β Β Β Β Β Β  Ambil kertas mika warna BIRU lalu gunting membentuk seperti lubang kacamata yang anda buat tadi (Buat guntingan ini hingga 2 lembar).
3.Β Β Β Β Β Β  Ambil kertas mika warna MERAH lalu gunting membentuk seperti lubang kacamata yang anda buat tadi (Buat guntingan ini hingga 6 lembar).
4.Β Β Β Β Β Β  Pasang mika BIRU pada lubang kacamata sebelah KANAN (di tumpuk).
5.Β Β Β Β Β Β  Pasang mika MERAH pada lubang kacamata sebelah KIRI (di tumpuk).

6.Β Β Β Β Β Β  (Periksa lagi prosedur di atas agar tidak terjadi kesalahan) πŸ˜€

Perhatikan gambar di bawah πŸ˜€

Setelah teman-teman melakukan langkah-langkah di atas maka kacamata 3D teman-teman sudah siap di gunakan. Kacamata yang teman-teman buat tadi hanya bisa melihat video/gambar 3D jenis :

  • Anaglyph Red-blue(Merah biru) dan
  • Red-Cyan (Merah-biru muda)

Sekarang mari kita tes Kaca mata 3D buatan kita sendiri πŸ˜€ apakah berhasil 100% atau tidak.. πŸ˜€

TES 1
Nah ini paling mudah nih. Caranya.. πŸ™‚
Ada 2 gambar lingkaran red-cyan. Nah lalu coba tempelkan kacamata teman-teman ke Monitor buat nerawang si gambar tadi. (nempelnya: merah di kiri, biru di kanan)
Seperti ini caranya πŸ™‚
Nah ini dia dua gambar nya. Langsung aja teman-teman tempelkan kacamata ke layar lalu trawang objeknya.. πŸ™‚

Hasil Tes :
Nah kalau hasil tes teman-teman seperti ini
1.Β Β Β Β Β  Kaca merah hanya dapet ngeliat si cyan (tapi si cyan jadi hitam)
2.Β Β Β Β Β  Kaca biru hanya dapet ngeliat si merah (tapi si merah jg jadi hitam)
3.Β Β Β Β Β  Ketika di terawang hanya satu objek saja yg keliatan
4.Β Β Β Β Β  Kacamata TIDAK buram/Gelap
Berarti kacamara 3D teman-teman berhasil 100% πŸ˜€
Biasanya salah pada nomor satu dan nomor 3. Yaitu kaca merah masih melihat dua object walaupun terlihat samar-samar.
Tapi gpp kok teman-teman πŸ˜€ karena saya juga begitu, walau cuma 90%Β  yang penting masih banyak berefek pada gambar/film 3D. πŸ˜€
Untuk Cara Mengatasinya πŸ˜€
Bagi yang masih melihat dua gambar tapi salah satunya terlihat samar maka kacamata teman-teman masih KURANG EFEKTIF
Kayak ginih yang saya maksud Kurang Efektif alias gak 100% berhasil .. πŸ™‚
Tuh, Terlihat Keduanya kan.. Seharusnya 1 aja.. πŸ™‚ Trus gimana cara ngatasinya ?
Tenang.. πŸ˜€ semua bisa diatur.. πŸ™‚
Ada 2 masalah yang sering terjadiπŸ™‚ :1. Kacamata masih melihat dua gambar saat test
Cara mengatasinya dengan cara menambahkan Kertaas Mika hingga salah satu objek menghilang.. πŸ™‚ lakukan ini pada kaca merah dan biru.. πŸ˜€
Silakan teman-teman terawang lalu tambahkan tumpukan mika hingga salah satu objek menghilang… πŸ˜€
Silahkan dicoba disini.. πŸ™‚
2. Untuk kacamata terlalu buram / gelap
Cara mengatasinya teman-teman terawang gambarnya lalu kurangi mika satu persatu.
Bila kedua objek terlihat itu adalah batas anda mengurangi mika
Maka jangan kurangi lagi bila dua objek terlihat (karena hanya boleh 1 objek yg terlihat).. πŸ˜€
Silakan Coba disini.. πŸ™‚
Cara di atas hanya berlaku Β pada kacamata 3D anaglyph jenis Red-Cyan atau Red-Blue.. πŸ™‚
dan tidak berlaku untuk memperbaiki kacamata polarisasi πŸ˜€
Jangan lupa bagikan keteman2 yg lain ya.. melaluiΒ  tombol twitter atau facebook dibawah.. πŸ˜€
coz, berbagi itu indah.. πŸ™‚

Jika berkenan Like juga GARASI di facebook : Like GARASI (Gudang Cerita dan Informasi)
Follow jg garasi on twitter @gaaraasi

πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Kategori:Taukah Kamu, Tips
  1. yudi
    22 Juni 2012 pukul 7:54 PM

    wah…
    thanks kawan.. kebetulan nih ak lagi pengen ngerasain nonton film 3d tu gimana.. πŸ˜€

    • 27 Juni 2012 pukul 2:40 AM

      sama2 πŸ™‚
      senang rasanya bisa bergagi.. πŸ™‚
      share ke yang lain jg ya… πŸ˜€

  1. No trackbacks yet.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: