Beranda > Taukah Kamu, Tips > Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri

Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri

Cara membuat kaca mata 3 dimensi / 3d sendiri – ok guys, langsung saja tanpa banyak basa basi lagi saya akan membagi bagai mana cara membuat kaca mata 3 dimensi / 3d sendiri๐Ÿ˜€

Saya tau kamu sudah ngebet banget pengen nonton film bernuansa 3d๐Ÿ˜€ *Sok Tau..

l

l

l“Cara Membuat Kaca Mata 3D Sendiri”

Sediakan alat dan bahan, alat dan bahan ini bisa teman-teman jumpai di toko-toko fotocopy terdekan ..๐Ÿ™‚

  • Kertas Mika Warna Biru (1 Lembar )
  • Kertas Mika Warna Merah ( 1 Lembar )
  • Karton baru / bekas๐Ÿ™‚ (minimal 30 x 5 cm)๐Ÿ˜€

Ok..๐Ÿ™‚ Setelah bahan nya terkumpul kita mulai cara membuat kaca mata 3 dimensi nya ya..๐Ÿ™‚

1.ย ย ย ย ย ย  Gunting karton tadi berbentuk kacamata terserah teman-teman modelnya seperti apa๐Ÿ™‚ . untuk mempernyaman pemakaian tambahkan rongga untuk hidung.
2.ย ย ย ย ย ย  Ambil kertas mika warna BIRU lalu gunting membentuk seperti lubang kacamata yang anda buat tadi (Buat guntingan ini hingga 2 lembar).
3.ย ย ย ย ย ย  Ambil kertas mika warna MERAH lalu gunting membentuk seperti lubang kacamata yang anda buat tadi (Buat guntingan ini hingga 6 lembar).
4.ย ย ย ย ย ย  Pasang mika BIRU pada lubang kacamata sebelah KANAN (di tumpuk).
5.ย ย ย ย ย ย  Pasang mika MERAH pada lubang kacamata sebelah KIRI (di tumpuk).

6.ย ย ย ย ย ย  (Periksa lagi prosedur di atas agar tidak terjadi kesalahan)๐Ÿ˜€

Perhatikan gambar di bawah๐Ÿ˜€

Setelah teman-teman melakukan langkah-langkah di atas maka kacamata 3D teman-teman sudah siap di gunakan. Kacamata yang teman-teman buat tadi hanya bisa melihat video/gambar 3D jenis :

  • Anaglyph Red-blue(Merah biru) dan
  • Red-Cyan (Merah-biru muda)

Sekarang mari kita tes Kaca mata 3D buatan kita sendiri๐Ÿ˜€ apakah berhasil 100% atau tidak..๐Ÿ˜€

TES 1
Nah ini paling mudah nih. Caranya..๐Ÿ™‚
Ada 2 gambar lingkaran red-cyan. Nah lalu coba tempelkan kacamata teman-teman ke Monitor buat nerawang si gambar tadi. (nempelnya: merah di kiri, biru di kanan)
Seperti ini caranya๐Ÿ™‚
Nah ini dia dua gambar nya. Langsung aja teman-teman tempelkan kacamata ke layar lalu trawang objeknya..๐Ÿ™‚

Hasil Tes :
Nah kalau hasil tes teman-teman seperti ini
1.ย ย ย ย ย  Kaca merah hanya dapet ngeliat si cyan (tapi si cyan jadi hitam)
2.ย ย ย ย ย  Kaca biru hanya dapet ngeliat si merah (tapi si merah jg jadi hitam)
3.ย ย ย ย ย  Ketika di terawang hanya satu objek saja yg keliatan
4.ย ย ย ย ย  Kacamata TIDAK buram/Gelap
Berarti kacamara 3D teman-teman berhasil 100%๐Ÿ˜€
Biasanya salah pada nomor satu dan nomor 3. Yaitu kaca merah masih melihat dua object walaupun terlihat samar-samar.
Tapi gpp kok teman-teman๐Ÿ˜€ karena saya juga begitu, walau cuma 90%ย  yang penting masih banyak berefek pada gambar/film 3D.๐Ÿ˜€
Untuk Cara Mengatasinya๐Ÿ˜€
Bagi yang masih melihat dua gambar tapi salah satunya terlihat samar maka kacamata teman-teman masih KURANG EFEKTIF
Kayak ginih yang saya maksud Kurang Efektif alias gak 100% berhasil ..๐Ÿ™‚
Tuh, Terlihat Keduanya kan.. Seharusnya 1 aja..๐Ÿ™‚ Trus gimana cara ngatasinya ?
Tenang..๐Ÿ˜€ semua bisa diatur..๐Ÿ™‚
Ada 2 masalah yang sering terjadi๐Ÿ™‚ :1. Kacamata masih melihat dua gambar saat test
Cara mengatasinya dengan cara menambahkan Kertaas Mika hingga salah satu objek menghilang..๐Ÿ™‚ lakukan ini pada kaca merah dan biru..๐Ÿ˜€
Silakan teman-teman terawang lalu tambahkan tumpukan mika hingga salah satu objek menghilang…๐Ÿ˜€
Silahkan dicoba disini..๐Ÿ™‚
2. Untuk kacamata terlalu buram / gelap
Cara mengatasinya teman-teman terawang gambarnya lalu kurangi mika satu persatu.
Bila kedua objek terlihat itu adalah batas anda mengurangi mika
Maka jangan kurangi lagi bila dua objek terlihat (karena hanya boleh 1 objek yg terlihat)..๐Ÿ˜€
Silakan Coba disini..๐Ÿ™‚
Cara di atas hanya berlaku ย pada kacamata 3D anaglyph jenis Red-Cyan atau Red-Blue..๐Ÿ™‚
dan tidak berlaku untuk memperbaiki kacamata polarisasi๐Ÿ˜€
Jangan lupa bagikan keteman2 yg lain ya.. melaluiย  tombol twitter atau facebook dibawah..๐Ÿ˜€
coz, berbagi itu indah..๐Ÿ™‚

Jika berkenan Like juga GARASI di facebook : Like GARASI (Gudang Cerita dan Informasi)
Follow jg garasi on twitter @gaaraasi

๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Kategori:Taukah Kamu, Tips
  1. yudi
    22 Juni 2012 pukul 7:54 PM

    wah…
    thanks kawan.. kebetulan nih ak lagi pengen ngerasain nonton film 3d tu gimana..๐Ÿ˜€

    • 27 Juni 2012 pukul 2:40 AM

      sama2๐Ÿ™‚
      senang rasanya bisa bergagi..๐Ÿ™‚
      share ke yang lain jg ya…๐Ÿ˜€

  1. No trackbacks yet.

Tulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 1.695 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: